Unique

Mengidap Achondroplasia, Satu Keluarga Menjadi Kurcaci

Sebelum masuk ke dalam pokok pembahasan, ada sebuah pertanyaan yang perlu anda jawab sebelumnya. Pertanyaannya adalah: Apa yang muncul pertama kali di dalam benak anda saat mendengar dongeng “Snow White”? Ayo, apa coba?

Beberapa di antara anda akan membayangkan seorang putri yang berparas cantik, yang dikelilingi oleh tujuh orang kurcaci atau orang-orang kerdil. Bener gak?

Pada gambar di atas, anda bisa melihat ekspresi seorang puteri yang sangat bahagia, dengan para kurcaci yang tidak lain adalah teman dari sang puteri. Kurcaci yang ada di dalam cerita dongeng Snow White tersebut ternyata ada di dunia nyata lho, guys. Percaya gak? Kalau masih belum percaya, baca aja artikel berikut ini.

Sebuah keluarga di India berikut ini sekilas akan membuat anda terbayang dengan kurcaci-kurcaci di dalam cerita dongeng Snow White. Keberadaan mereka ternyata tidak hanya ada di dunia animasi, tapi juga ada di dunia nyata.

Apa sih Kurcaci itu sebenarnya?

Kalau dilihat dari pengertiannya, Kurcaci ini diartikan sebagai manusia yang memiliki ukuran tubuh yang tidak wajar atau sering disebut sebagai manusia kerdil. Dalam mitologi, Kurcaci digambarkan memiliki rupa seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek.

Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan.

Setelah membaca mengenai pengertian dan penggambaran manusia kurcaci di atas, anda mungkin sudah memiliki gambara tersendiri akan hal tersebut.

Beranjak ke India, ternyata terdapat sebuah rumah, yang dihuni oleh manusia-manusia yang berukuran pendek atau kerdil atau sering dipanggil dengan nama kurcaci. Anggota keluarga ini rata-rata memiliki ukuran tubuh yang pendek, yang disebabkan karena kondisi genetik tertentu.

Rumah tersebut dihuni oleh 11 orang, yang sebagian besar dari mereka menderita suatu penyakit genetik yang disebut dengan Achondroplasia. Achondroplasia merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan dwarfisme atau tubuh kerdil, yang termasuk kelompok gangguan pertumbuhan tulang. Penderita achondroplasia mempunyai lengan dan tungkai yang pendek.

Salah satu penghuni rumah tersebut bernama Ram Raj Chauhan. Ram Raj merupakan seorang pria berusia 52 tahun, yang memiliki 11 saudara. Delapan diantaranya menderita penyakit Achondroplasia. Saat ini, Ram Raj tinggal bersama 10 anggota keluarganya di sebuah kota tua di Hyderabad, India.

Sembilan dari Sepuluh anggota keluarganya tersebut mengidap kondisi genetik yang sama dengan dirinya. Hal ini membuat keluarga Raj menjadi keluarga kurcaci terbesar yang ada di kota tersebut. Keberadaan keluarga mereka selalu menjadi sorotan masyarakat yang ada disekitar tempat tinggalnya.

Keunikan keluarga ini kerap mendapatkan perhatian yang berlebihan dari orang-orang yang ada di sekitar mereka. Bahkan tak jarang mereka mendapatkan ejekan, julukan aneh, dan lain sebagainya dari masyarakat lain.

Berdasarkan pengakuan Raj, saat akan berpergian keluar rumah, kerumunan masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggalnya tidak segan melontarkan beberapa pertanyaan aneh, seperti: Kenapa sih tubuh anda begitu kecil? atau manusia darimana sih anda ini? Dan berbagai olokan lainnya yang cukup membuat mereka tersudut.

Kondisi yang dialami oleh keluarga Raj ini, bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Kelainan genetika yang mereka alami ini bahkan berpotensi membuat mereka kehilangan nyawa.

Achondroplasia yang diderita keluarganya ini membuat mereka kesulitan ketika berjalan, dan beberapa saudaranya bahkan harus dibantu saat berjalan. Yah, wajar saja karena penyakit ini membuat kaki mereka mengecil.

Dengan kondisi yang mereka alami tersebut, keluarga Raj menjadi sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Kebayakan orang akan memandang mereka dengan sebelah mata, dan menganggap bahwa mereka tidak akan mampu melakukan pekerjaan apapun. Kondisi seperti ini sungguh menyulitkan kehidupan keluarga Raj.

Tapi seiring berjalannya waktu, kehidupan keluarga Raj semakin membaik, semenjak Raj bekerja sebagai “Wedding Welcomer”. Dan jika waktunya senggang, Raj akan bekerja di toko milik saudaranya. Kesulitan yang dirasakan karena kondisi langka ini ternyata juga dirasakan oleh putri Raj yang berusia 27 tahun.

Sejak dulu putrinya ini sangat ingin menjadi seorang akuntan, tapi karena kondisinya tersebut, tidak ada satupun perusahaan yang mau menerimanya. Wah, kejam banget ya perusahaan-perusahaan itu?

Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, keluarga ini harus berusaha dengan sangat keras. Kehidupan yang mereka jalani bukanlah kehidupan yang menyenangkan. Tapi karena mereka selalu bersyukur, menjalani hari-harinya tanpa mengeluh, dan menerima keadaan mereka sebagai sebuah berkah, membuat keluarga ini hidup dengan bahagia walau dengan kekurangan yang mereka miliki.